Mempelajari Manfaat dan Fungsi Kamera CCTV

Mempelajari Manfaat dan Fungsi Kamera CCTV
Mempelajari Manfaat dan Fungsi Kamera CCTV

Kamera CCTV online atau kamera closed circuit television merupakan suatu kamera digital yang sering dipergunakan untuk melihat, memantau serta menyampaikan suatu tanda video di sebuah ruangan, dan tanda yang disampaikan oleh kamera tersebut akan dilanjutkan menuju sebuah layar monitor. Fungsi dari sebuah kamera CCTV ini adalah untuk melihat lihat kondisi disuatu tempat, yang pada umumnya berhubungan dengan tindak criminal atau untuk keamanan setempat. Jadi, jika tindak kejahatan atau criminal suatu saat terjadi, akan terekam oleh kamera CCTV ini, dan bisa dijadikan sebagai alat bukti dari tindak kejahatan tersebut.

Pada umumnya pemasangan kamera CCTV ini sering di tempat tempat umum seperti di bandara, hotel, bank, tempat atm, pabrik, gudang milliter, pergudangan dan tempat tempat lainnya.

Di system kesepakatan umum dengan video cassette recorder atau VCR, mulanya, gambar yang terlihat di kamera CCTV disampaikan dengan perantara kabel atau melewati kabel ke suatu ruangan layar monitor dan sangat diperlukan penjagaan secara langsung oleh para petugas atau operator keamanan, dengan gambar yang beresolusi masih terbilang rendah yakni one image per 12,8 seconds.

Tapi, seiring dengan berkembang nya penciptaan technology yang begitu memuncak seperti sekarang ini, kebanyakkan camera CCTV lebih sering memakai system dari technology modern.

System dari kamera CCTV digital sekarang ini bisa dikontrol melewati telephone genggam, atau personal computer, sertzzaz dapat dilihat kapan saja, dan dimana saja selama komunikasi atau koneksi jaringan internet dan ataupun akses GPRS dari seluler masih terhubung.

Pengenalan system closed circuit television

Untuk mengolah suatu system CCTV yang simple dan sederhana langkah awal yang harus dilakukan adalah mengenal terlebih dahulu material atau alat yang dibutuhkan ketika melakukan instalasi tersebut, seperti :

  1. Bayonet neill concelman (BNC)

Connector merupakan type dari konektor RF yang diletakkan atau dipasangkan di bagian ujung kabel coaxial, guna untuk menghubungkan antara kamera CCTV dan DVR atau alat perekam, ataupun menghubungkan langsung pada monitor CCTV nya.

  1. Kabel coaxial

Kabel coaxial adalah suatu jenis dari kabel yang umum dipergunakan untuk menyampaikan suatu tanda video dari camera CCTV pada monitor. Kabel coaxial memiliki beberapa type diantaranya : RG-11, RG-59, dan RG-6. Pengelompokkannya dilakukan menurut besar diameter kabel beserta jarak terpanjang yang disarankan untuk melakukan isntalasi pada kabel tersebut.

  1. Material untuk crimp kabel coaxial

Material yang dipergunakan untuk crimp kabel coaxial dipakai sebagai material bantu guna untuk memasang konektor BNC ke kabel coaxial.

  1. Kabel power

Kabel power, dipakai untuk menyuplai tegangan AC yang searah sebesar 220 volt ke power supply camera cct atau adaptor. Pada umumnya type dari kabel power yang dipergunakan ialah NYA dengan ukuran 2 x 1,5 mm dan NYM dengan ukuran 3 x 2,5 mm. pemasangan kabel power, disarankan untuk memakai pipa high impact conduit.

  1. Power supply dan adaptor

Power supply dan adaptor adalah suatu perangkat yang memasok tegangan kinerja pada kamera cctv, biasanya tegangan yang dipakai ialah sebesar 12 volt DC. Tapi, tidak jarang yang memakai tegangan sebesar 24 volt. Naun, hal ini semua bergantung kepada type atau jenis kamera yang dipakai.

  1. Kamera CCTV

Kamera CCTV bisa dibedakan menjadi beberapa jenis atau type diantaranya kamera fixed dome, kamera wireless, kamera IP, dan kamera Pan/tilt/zoom.

Related posts: